Minggu, 24 Juni 2012

Kunci Hidup Sehat

Hidup sehat adalah dambaan setia orang , kesehatan merupakan sebuah kekayaan yang tak ternilai . Pepatah mengatakan lebih baik ,mencegah daripada mengobati . Lebih baik menjaga hidup sehat daripada di masa mendatang pusing memikirkan untuk berobat. Ada berbagai cara untuk hidup sehat mulai dari yang mahal sampai yang gratis . Berikut adalah salah beberapa cara mudah untuk hidup sehat :
1. Menu makan yang baik
makanlah dengan komposisi 85%-90% makanan nabati dan 10%-15% hewani dengan jumlah tidak lebih dari 85 - 115 gram per hari

2.Air yang baik
air yang baik adalah air yang memiliki kemampuan reduksi besar dan tidak terpolusi zat kimia . Contohnya adalah air mineral dan air sadah yang mengandung kalsium dan magnesium

3. Pembuangan ( ekskresi dan defekasi )
mulai kebiasaan harian menyingkirkan polutan di usus dan secara teratur membersihkan sistem pencernaan . Biasakan Buang air besar minimal 1 kali sehari , jangan menahan buang air terlalu lama , dan jangan gunakan obat pencahar .

4. Olahraga cukup
lakukanlah olahraga sesuai kondisi fisik dan usia .Olahraga yang berlebihan akan melepaskan radikal bebas dan berbahaya bagi tubuh . Contoh olahraga sederhana : jalan kaki ( 4 km ) , penguatan otot , aerobik , yoga, renang , tenis , bersepeda , golf , beladiri dll

5. Istirahat cukup
Tidurlah pada waktu ( jam ) yang sama tiap malam ( misalnya jam 22.00 tiap malam ) selama 6 - 8 jam tanpa terpotong . Jangan makan 4 - 5 jam sebelum tidur . Jika terpaksa makanlah sepotong buah 1 jam sebelum tidur ( karena mudah dicerna )
Tidur siang singkat ( 30 menit ) setelah makan siang ( namun jangan langsung setelah selesai makan )

6. Pernapasan dan meditasi
Biasakan berpikir positif , dan menarik napad dalam 4-5 kali per jam . Kenakan pakaian yang tidak terlalu ketat agar tidak sesak . Berlatihlah yoga . Jangan paksakan tubuh untuk beraktivitas jika lelah , jangan gunakan obat penambah stamina .
7. Kebahagiaan dan Cinta
Yang tidak kalah penting adalah kebahagiaan dan cinta yang akan meningkatkan enzim baik dalam tubuh . Luangkan waktu untuk sikap menghargai , memperhatikan dalam keluarga , tertawa , bernyanyi , menari , dan selalu bergairah , bersemangat , dan sepenuh hati dalam bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar